Thursday, January 3, 2019

Apa Itu e-Sport? Apa Bedanya dengan Game?

pengertian e-sport
Esports is a form of competition using video games. Most commonly, esports takes the form of organized, multiplayer video game competitions, particularly between professional players and teams.(Wikipedia).

E-Sport adalah singkatan dari elektronic sport atau olahraga elektronik. Istilah lainnya adalah permainan kompetitif, permainan pro, Esports, e-sports, electronic sports, atau pro gaming di Korea Selatan.

E-Sport merupakan istilah untuk kompetisi permainan video pemain jamak, umumnya antara para pemain profesional. 

Turnamen seperti The International Dota 2 Championships, League of Legends World Championship, Battle.net World Championship Series, Evolution Championship Series, Intel Extreme Masters, menyediakan baik siaran langsung dari kompetisi juga hadiah tunai pada para kompetitor.

Kata esports sudah familiar bagi beberapa orang, penggemar video game khususnya. Mereka mengenal e-sport sebagai olahraga yang dilakukan melalui media elektronik, seperti komputer, konsol, handphone, dan sebagainya.

Esports adalah permainan video game yang bersifat kompetitif yang dimainkan oleh profesional. 

eSports berangkat dari dunia gaming. Namun, keduanya tidak bisa disamakan. 

"Main game itu rekreasi, eSports itu profesi. Ini satu perbedaan," jelas pengamat gaming dan eSports, Dedy Irvan. 

"eSports itu sebenarnya game yang dipakai buat profesi, kerjanya itu game, istirahatnya itu tidak main game," tutur Dedy. 

Gaming, menurut Dedy, hanya dimainkan untuk mengisi waktu luang, tidak untuk tujuan profesional. Karena masuk ranah olahraga, atlet eSports pun berpenampilan berbeda dengan pemain game biasa. 

Para atlet akan mengenakan seragam layaknya para atlet cabang olahraga lain, mereka pun bermain untuk tim, bukan individu. 

Atlet eSPorts juga dilatih secara profesional, termasuk soal kebugaran, demi menunjang peforma di arena pertandingan. 

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Olahraga_elektronik
https://tekno.kompas.com/read/2018/05/25/13150097/apa-beda-antara-gaming-dan-esports-

Show comments
Hide comments
No comments:
Tulis komentar

Back to Top