Thursday, January 3, 2019

Apa Syarat Mendaftar Blog ke Google News?

Apa Syarat Mendaftar Blog ke Google News?
Berikut ini tips cara mendaftar Google News agar tiga hari langsung diterima oleh Google News.

Pertama, harus memiliki blog TLD (top level domain). 

Kalau kalian serius menginginkan blog kalian masuk ke google news, mau tidak mau, kalian harus mempunyai blog TLD. Saya tidak menjamin blog gratisan seperti milik saya ini akan lolos seleksi dari tim Google News. 

Kenapa harus memiliki domain TLD? Blogger yang memiliki domain TLD dianggap lebih serius mengelola blog ketimbang blog gratisan. Kalau belum memiliki domain TLD, segera beli sesuai dengan niche yang kalian sukai.

Kedua, blog kalian harus berumur minimal 6 bulan. Kalau kalian membeli domain TLD sekarang, sebaiknya jangan dulu mendaftar ke Google News. Jangankan ke Google News, untuk mendaftar Google Adsense saja tidak dianjurkan. Lebih baik fokus mengoptimasi blog dan meng-update tulisan secara rutin, minimal 5 postingan sehari. Jadwal postingan kalian atur secara berimbang, misalnya pagi, siang, sore dan malam. Jangan posting tulisan dalam waktu yang berdekatan, karena itu terkesan kalian nge-blog suka-suka.

Ketiga, lengkapi informasi dan navigasi blog. Bagi saya, inilah hal terpenting yang harus cara mendaftar Google News versi saya. Blog yang akan kalian daftar ke google news usahakan memiliki sitemap dan breadcrumb yang memudahkan Google menemukan konten kalian. Selain itu, kalian harus menyediakan informasi penting terkait blog kalian seperti tentang kami (about us), kebijakan privasi (privacy policy) atau term of use, disclaimer, pedoman media siber, dan kontak kami (contact us). Informasi-informa ini akan membuat blog kalian terpercaya.

Sebelum mendaftarkan blog saya ke google news, lebih dulu melengkapi data terkait informasi blog ini. Setelah semuanya lengkap dan sempurna, barulah mendaftar ke google news.

Keempat, submit ke Google Search Console. 

Agar dapat mendaftar ke google news, situs kalian harus sudah diverifikasi di Google Search Console (dulunya bernama Webmaster Tools). Jadi, dengan mendaftarkan situs atau blog di Google Search Console akan memudahkan saat kalian mendaftar ke Google News: kalian nanti akan melihat keterangan "request inclusion in Google News" dan meng-klik tulisan tersebut untuk mendaftar. Selanjutnya, tinggal kalian isi sesuai dengan isi blog kalian.

Kelima, tampilan blog bergaya newspaper. 

Namanya Google News, otomatis blog yang akan kalian daftarkan memiliki tampilan situs berita. Usahakan kalian menggunakan desain/template bergaya situs berita. Ada banyak template bergaya magazine atau newspaper di internet. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan selera kalian.

Keenam, blog memiliki banyak penulis (author). 

Situs berita yang update setiap hari tentu saja tidak mungkin dikelola sendirian. Situs kalian harus memiliki banyak penulis, minimal 5-6 penulis untuk masing-masing kategori. Setiap hari, kalian harus memposting berita per kategori minimal 3 berita. Sebelum mendaftar blog ke Google News, usahakan agar para penulis blog kalian memposting tulisan untuk setiap kategori yang ada. Ini harus dilakukan seminggu sebelum kalian men-submit blog ke Google News dan saat masa review blog kalian oleh Google.

Bagi blog personal sangat sulit mengajak para penulis lain mau menulis di blog kita. Tapi ini bukan masalah besar. Kalian bisa membuat akun beberapa penulis sesuai nama yang kalian inginkan, dan usahakan agar nama penulis ini tercantum di bagian redaksi atau laman About us. Buat saja lebih simpel, misalnya penulis A menangani rubrik 1; penulis B menulis di rubrik 2; dan seterusnya.

Ketujuh, buat permalink sesingkat mungkin. 

Kalian bisa mengatur ini di fitur permalink dashboard situs kalian. Biasanya, Google sangat senang dengan permalink ringkas, seperti https://domainanda.com/judul-tul.... 

Permalink singkat ini juga akan berguna ketika kalian melakukan optimasi untuk keperluan SEO blog.

Kedelapan, loading blog. 

Siapa pun pasti tidak suka kalau loading blog lambat. Pengunjung pasti akan segera mengklik tombol close kalau berjumpa dengan situs yang lambat/lemot saat dibuka. Google juga menyukai blog yang sangat cepat ketika diakses. (Sumber)

Show comments
Hide comments
1 comment:
Tulis komentar

Back to Top