Tuesday, March 24, 2020

Apa Saja Etika Menginap di Hotel?

Jika menginap di hotel, apa saja etika yang harus diindahkan? Berikut ini etika menginap di hotel, sdikutip dari Forum Quora Indonesia.

Etika Menginap di Hotel


1. Jangan Pakai Sandal Hotel ke Luar Kamar

Banyak orang Indonesia yang menginap di hotel lantas beraktivitas di sekitar hotel bahkan keluar hotel menggunakan sandal kamar.

Selain tidak enak dipandang, sebenarnya menggunakan sandal hotel ke luar kamar dianggap tidak sopan, apalagi jika di luar negeri. Sandal hotel dirancang tipis dengan bahan lembut yang cocok untuk lantai karpet atau menghalau dingin ubin di kamar, bukan untuk beraktivitas.

Gunakanlah sandal atau sepatu milik anda sendiri jika ingin ke luar kamar.

2. Bersikap Sopan terhadap Staf Hotel

Staf hotel khususnya bagian front desk paling banyak menemui beragam tamu. Bersikaplah profesional dan tetap ramah kepada staf hotel, seletih apa pun anda ketika sampai dan harus check in ke hotel. Kebanyakan, khususnya tamu indonesia, bersikap semena-mena karena istilah “Tamu adalah raja / terserah kami kan kami bayar” Serius, itu sangat tidak beretika.

Seorang staf front desk dari Boston University’s School of Hospitality Administration mengatakan, "Semakin ramah tamu, semakin banyak keuntungan yang akan mereka dapatkan."

3. Jangan Membawa Makanan Berbau

Hotel punya peraturan melarang tamu untuk membawa makanan berbau, contohnya durian. Taati peraturan ini karena selain anda akan terkena denda, bau makanan tersebut dapat mengganggu kenyamanan tamu lain.

4. Pikirkan Kondisi Kamar Sebelum "Check Out"

Sejatinya karena telah membayar jasa hotel, berarti anda boleh menggunakan fasilitas hotel sepuasnya. Namun, alangkah baiknya jika fasilitas tersebut tetap dijaga dalam kondisi yang rapi dan tidak rusak.

Membuang sampah pada tempatnya, tidak menaruh barang sembarangan, dan tidak merusak barang mempermudah kerja staf housekeeping yang harus mengejar waktu membersihkan puluhan kamar hotel.

5. Jika Harus Mengeluh...

Jika memang ada pengalaman tidak mengenakan saat menginap di hotel, komplainlah langsung ke staf hotel dengan profesional dan tidak emosi.

Menulis masalah tersebut ke media sosial atau situs pengulas akomodasi tanpa memberi kesempatan hotel untuk memperbaiki keluhan anda justru dapat merusak reputasi hotel tersebut.

Kecuali jika anda sudah komplain dan kondisi tetap tidak diperbaiki oleh pihak hotel

6. Soal Uang Tip

Di luar negeri lazimnya tamu meninggalkan uang tip kepada staf hotel, khususnya bagian housekeeping.

Jika ingin mencontoh ini, anda dapat menaruh uang di bawah telepon atau ditambah catatan terima kasih untuk petugas housekeeping :)

Show comments
Hide comments
No comments:
Tulis komentar

Back to Top