Wednesday, January 2, 2019

Algoritma Google Terbaru: Panduan SEO Dasar untuk Blogger

Algoritma Google Terbaru: Panduan SEO Dasar untuk Blogger
Algoritma Google selalu berubah. Sistem perambahan dan pengindeksan (crawling & indexing) selalu terbarukan.

Berikut Panduan SEO Dasar untuk Blogger sesuai dengan algoritma Google terbaru.

Namun, poin terpentingnya, Google tetap mengutamakan konten berkualitas dan segar (quality & fresh content), yaitu artikel yang bermanfaat, aktual, dibutuhkan atau dicari pengguna, serta unik dan orisinal (asli, bukan hasil copas).

Pengertian Algoritma Google

Hasil Googling, mengutip berbagai sumber, Algoritma Google adalah metode yang dilakukan mesin telusur Google untuk memilih konten di dalam database mereka. 

Google memiliki berjuta-juta halaman (web pages) atau file yang mereka indeks. Dengan algoritma tersebut, Google memilih konten yang menurut Google paling bagus dan terbaik untuk ditampilkan kepada pengguna di hasil halaman pencarian (SERP).

Tidak ada yang tahu pasti cara kerja algoritma Google, kecuali Google sendiri. Namun dalam salah satu blog resminya, Google akan selalu mengutamakan pengguna, yaitu fokus ke konten website bermanfaat untuk pengguna, bukan untuk mesin telusur.

Update Algoritma Google

Lewat tweetnya, pada 1 Agustus 2018, Google mengkonfirmasi adanya update di algoritma utama pada mesin pencarinya. Update ini dinamakan Medic Update.

Banyak web terdampak update algoritma terbaru Googe ini. Trafik terjun bebas hingga sampai 50% atau bahkan lebih. Ada juga yang dengan adanya update ini mereka merasakan peningkatan trafik.

Medic Update fokus menyasar situs-situs kesehatan atau medis.

Google menyatakan update ini merupakan bagian dari “core algorithm update”. Akan ada banyak update lagi kedepannya. Update algoritma google terbaru akan terus ada.

Algoritma Google terbar tahun 2018 yang jelas-jelas dipublikasikan Google adalah  Mobile First Index (Update 26 Maret 2018)

Algoritma ini mengharuskan website bisa diakses di multi device, bisa diakses di desktop maupun di mobile dengan baik.

Menurut penelitian yang di lakukan google pada tahun 2016, sekitar 80% orang yang menonton tv atau film akan melakukan pencarian di internet. Sumber: thinkwithgoogle.com

Dengan begitu Google meluncurkan algoritma mobile first index. Artinya, website atau blog wajib responsive mobile-friendly atau ramah seluler.*

Show comments
Hide comments
No comments:
Tulis komentar

Back to Top